Kondisi Umum Desa
31 Januari 2017 19:19:07 WIB
- Kondisi Umum Desa
- Demografi
Berdasarkan data Administrasi Pemerintahan Desa tahun 2017, jumlah penduduk Desa BOTOPUTIH adalah terdiri dari 1.479 KK, dengan jumlah total 4.449 jiwa, dengan rincian 2.197 laki-laki dan 2.252 perempuan
- Diagram Kelembagaan
Tabel 1.a
BPD |
Pemdes |
Kel.Tani |
RT |
RW |
PKK |
LPM |
BAGAN KELEMBAGAAN DESA BOTOPUTIH |
Bumdes |
K.Taruna |
Masyarakat |
a.Bagan Kelembagaan
DAFTAR MASALAH DAN POTENSI DARI BAGAN KELEMBAGAAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b. Daftar Masalah Dan Potensi Dari Bagan Kelembagaan Tabel 4.1. Daftar Masalah dan Potensi Diagran Veen
|
Sumber Data: Profil Desa Tahun 2016
- Kalender Musim
Daftar Masalah dan potensi hasil pengkajian keadaan desa berdasarkan masalah dan potensi dari Kalender Musim tergambar sebagai berikut :
- Banyaknya gambar menggambarkan tentang besarnya potensi maupun masalah yang ada pada bulan tersebut
- Sedikitnya gambar menggambarkan tentang kecilnya potensi maupun masalah yang ada pada bulan tersebut
- Gambar Kalender Musim
Tabel 4.2 Kalender Musim
Sumber Data: Profil Desa Tahun 2015
No |
MASALAH KEGIATAN KEADAAN |
PANCA ROBA |
KEMARAU |
MUSIM PENGHUJAN |
|||||||||
Bulan |
Bulan |
Bulan |
|||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
||
1. |
Banyaknya masyarakat yang terserang penyakit batuk pilek dan demam pada waktu pergantian musim |
***
|
**** |
** |
** |
|
|
|
**** |
** |
|
|
** |
2. |
Langkanya pupuk pada musim tanam |
** |
|
|
|
|
*** |
*** |
|
|
** |
**** |
**** |
3. |
Mahalnya harga pupuk pada waktu musim tanam |
**** |
|
|
** |
|
*** |
|
|
|
** |
**** |
**** |
4. |
Rawanya balita dan anak usia dini terhadap penyakit diare |
|
|
|
|
|
|
|
**** |
** |
|
|
**** |
5. |
Kesulitan pengairan untuk tanaman karena curah hujan dan air sungai kering |
|
|
|
|
|
**** |
**** |
*** |
**** |
** |
|
|
6. |
Menurunnya debit sumber air |
|
|
|
|
|
**** |
**** |
*** |
**** |
** |
|
|
- Daftar Masalah Dan Potensi Dari Kalender Musim
Tabel 4.3. Masalah Kalender Musim
Sumber Data: Profil Desa Tahun 2015
No. |
MASALAH |
POTENSI |
1. |
Banyaknya masyarakat yang terserang penyakit batuk pilek dan demam pada waktu pergantian musim |
- Bidan - Kader PKK - Kader Posyandu |
2. |
Langka pupuk pada musim tanam |
- Kelompok tani - Koperasi petani - Limbah padi / kotoran hewan |
3. |
Mahalnya harga pupuk |
- Kelompok tani - Koperasi petani - Limbah padi / kotoran hewan |
4. |
Rawannya balita dan anak usia dini terhadap penyakit diare |
- Polindes - Bidan - Kader PKK - Kader Posyandu |
5. |
Keringnya sungai dan rendahnya curah hujan |
- Lahan pertanian - Sumber mata air - Tenaga Gotong-royong - Swadaya |
6. |
Menurunnya debit sumber air |
- Swadaya - Tenaga Gotong-royong - Lahan pertanian - APBD I / APBD II / APBN |
- Sumber Daya Alam
Secara administratif, Desa Botoputih terletak di wilayah Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek dengan posisi dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga. Di sebelah Utara berbatasan dengan Desa Banjarejo Kecamatan Pudak , Di sebelah Barat berbatasan dengan Desa Bedoho Kecamatan Sooko Di Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Dompyong Kecamatan Bendungan., sedangkan di Sebelah timur berbatasan dengan Desa Sidomulyo Kecamatan Pagerwojo
Jarak tempuh Desa Botoputih ke ibu kota kecamatan adalah 7 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit Sedangkan jarak tempuh ke ibu kota kabupaten adalah 29 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam.
Pembagian lahan di Desa Botoputih sebagian besar adalah lahan Pertanian tanaman pangan Padi,Jagung dan Polowijo di musim. Pada lahan tegalan banyak digunakan untuk tanaman perkebunan Cengkeh,pisang,kopi,alpukat dan lain lain., adapun lahan lainnya tercatat sebagaimana pada tabel berikut :
Tabel: 4.4 Daftar Sumber Daya Alam |
||||
NO |
URAIAN SUMBER DAYA ALAM |
VOLUME |
SATUAN |
KETERANGAN |
|
Lahan persawahan |
52 |
Ha |
|
|
Lahan Perkebunan |
41 |
Ha |
|
|
Tambak |
- |
- |
|
|
Lahan tegalan |
1.240 |
Ha |
|
|
Dst |
|
|
|
Sumber Data: Profil Desa Tahun 2016
- Sumber Daya Manusia
Pendidikan adalah satu hal penting dalam memajukan tingkat SDM (Sumber Daya Manusia) yang dapat berpengaruh dalam jangka panjang pada peningkatan perekonomian. Dengan tingkat pendidikan yang tinggi maka akan mendongkrak tingkat kecakapan masyarakat yang pada gilirannya akan mendorong tumbuhnya ketrampilan kewirausahaan dan lapangan kerja baru, sehingga akan membantu program pemerintah dalam mengentaskan pengangguran dan kemiskinan. Prosentase tingkat pendidikan Desa Botoputih rata – rata berpendidikan SD atau sedarajat sampai SMP atau sederajat
Dalam hal kesediaan sumber daya manusia (SDM) yang memadahi dan mumpuni, keadaan ini merupakan tantangan tersendiri. Rendahnya kualitas tingkat pendidikan di Desa Botoputih tidak terlepas dari terbatasnya sarana dan prasarana pendidikan yang ada, di samping tentu masalah ekonomi dan pandangan hidup masyarakat. Sarana pendidikan di Desa Botoputih. baru tersedia di tingkat pendidikan dasar 6 tahun (SD), sementara untuk pendidikan SMP ke atas berada di tempat lain yang relatif jauh.
Sebenarnya ada solusi yang bisa menjadi alternatif bagi persoalan rendahnya Sumber Daya Manusia (SDM) di Desa Botoputih. yaitu melalui pelatihan dan kursus. Namun sarana atau lembaga ini ternyata juga belum tersedia dengan baik di Desa Botoputih. Adapun data sumber daya manusia di Desa Botoputih sebagaimana tabel dibawah ini:
Tabel: 4.5 Daftar Sumber Daya Manusia |
||||
NO |
URAIAN SUMBER DAYA MANUSIA |
VOLUME |
SATUAN |
KETERANGAN |
1 |
Penduduk dan Keluarga |
|
|
|
|
a. Jumlah Penduduk laki – laki |
2.197 |
Orang |
|
|
b. Jumlah Penduduk perempuan |
2.252 |
orang |
|
|
c. Jumlah Keluarga ( KK ) |
1.479 |
orang |
|
2 |
Jenis kelamin Kepala Rumah Tangga |
|
|
|
|
a. Laki – laki |
1.271 |
orang |
|
|
b. Perempuan |
208 |
orang |
|
3 |
Pendidikan Penduduk |
|
|
|
|
0. Tidak punya ijazah |
|
|
|
|
1. SD/Sederajat |
453 |
orang |
|
|
2. SMP/Sederajat |
368 |
orang |
|
|
3.SMA/Sederajat |
187 |
orang |
|
|
4. Perguruan tinggi |
5 |
orang |
|
4 |
Umur Penduduk |
|
|
|
|
1. kurang 1 tahun |
24 |
orang |
|
|
2. 1 – 4 Tahun |
250 |
orang |
|
|
5. 5 – 14 Tahun |
676 |
orang |
|
|
6. 15 – 39 Tahun |
1.504 |
orang |
|
|
7. 40 – 64 Tahun |
1.468 |
orang |
|
|
8. 65 keatas |
577 |
orang |
|
5 |
Lapangan usaha Kepala Keluarga |
|
|
|
|
1. Pertanian (Padi & palawija) |
800 |
orang |
|
|
2. Hortikultura |
24 |
orang |
|
|
3. Perkebunan |
345 |
orang |
|
|
4. Perikanan tangkap |
- |
orang |
|
|
5. Perikanan budidaya |
3 |
orang |
|
|
6. Peternakan |
1.319 |
orang |
|
|
7. Kehutanan & pertanian lain |
120 |
orang |
|
|
8. Pertambangan / penggalian |
- |
|
|
|
9. Industri pengolahan |
- |
|
|
|
10. Listrik & Gas |
- |
|
|
|
11. Bangunan / konstruksi |
42 |
orang |
|
|
12. Perdagangan |
14 |
orang |
|
|
13. Hotel & Rumah makan |
- |
|
|
|
14. Transportasi & Pergudangan |
16 |
orang |
|
6 |
Lapangan Usaha Penduduk |
|
|
|
|
1. Pertanian (Padi & palawija) |
800 |
orang |
|
|
2. Hortikultura |
24 |
orang |
|
|
3. Perkebunan |
345 |
orang |
|
|
4. Perikanan tangkap |
- |
orang |
|
|
5. Perikanan budidaya |
3 |
orang |
|
|
6. Peternakan |
1.319 |
orang |
|
|
7. Kehutanan & pertanian lain |
120 |
orang |
|
|
8. Pertambangan / penggalian |
- |
|
|
|
9. Industri pengolahan |
- |
|
|
|
10. Listrik & Gas |
- |
|
|
|
11. Bangunan / konstruksi |
42 |
orang |
|
|
12. Perdagangan |
14 |
orang |
|
|
13. Hotel & Rumah makan |
- |
|
|
|
14. Transportasi & Pergudangan |
16 |
orang |
|
|
15. Informasi & komunikasi |
- |
|
|
|
16. Keuangan & Asuransi |
- |
|
|
|
17. Jasa Pendidikan / jasa kesehatan / jasa kemasyarakatan, Pemerintahan dan |
- |
|
|
|
18. Lainnya |
- |
|
|
7 |
Dst. |
|
|
|
|
- Sumber Daya Pembangunan
Sebagai sumber pendapatan asli desa (PADes) sangat berperan dalam pelaksanaan Pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan Pemberdayaan masyarakat. Hal ini mengingat disamping Kepala Desa dan perangkat desa mendapat Penghasilan tetap melalui dana ADD.
Kantor Desa Botoputih maupun Balai Desa Botoputih saat ini sudah representatif untuk melayani warga masyarakat, meskipun masih kekurangan mebelair untuk rak buku atau rak dokumen maupun meja kursi tamu.
Yang masih perlu penangan lebih lanjut bahwa Lembaga kemasyarakatan di desa masih belum mempunyai kantor tersendiri, yaitu PKK, Karang Taruna , LPMD dan BPD hal tersebut tidak mengurangi Lembaga tersebut beraktifitas di desa
Tabel: 4.6 Daftar Sumber Daya Pembangunan |
||||
NO |
URAIAN SUMBER DAYA MANUSIA |
VOLUME |
SATUAN |
KETERANGAN |
1 |
Aset Desa |
|
|
|
1.1 |
Tanah Kas Desa |
5 |
Ha |
|
1.2 |
Kantor Pemerintah Desa |
1 |
Unit |
|
1.3 |
Gapura Desa |
|
|
|
1.4 |
Pondok Kesehatan Desa |
2 |
Unit |
|
(Ponkesdes) |
||||
1.5 |
Pasar Desa |
- |
|
|
1.6 |
Tempat Pelelangan Ikan |
- |
|
|
1.7 |
Tambatan Perahu |
- |
|
|
1.8 |
Tempat Pemandian Umum |
- |
|
|
1.9 |
Makam Desa |
6 |
|
|
1.10 |
Lapangan Olah raga |
|
|
|
1.11 |
Dst. |
|
|
|
2 |
Kelompok Usaha Ekonomi Desa |
|
|
|
2.1 |
BUMDes |
1 |
|
|
2.2 |
Kelompok Tani |
4 |
|
|
2.3 |
Kelompok nelayanan |
- |
|
|
2.4 |
dst.. |
|
|
|
3 |
Lembaga Kemasyarakatan Desa |
1 |
|
|
3.1 |
RT |
27 |
orang |
|
3.2 |
RW |
9 |
orang |
|
3.3 |
Karang Taruna |
4 |
group |
|
3.4 |
PKK |
1 |
Tim |
|
3.5 |
LPMD |
10 |
orang |
|
3.6 |
Dst |
|
|
|
4 |
Keuangan Desa |
|
|
|
4.1 |
Pendapatan Asli Desa |
17.600.000 |
|
|
4.2 |
Hasil Tanah Kas Desa |
1.200.000 |
|
|
4.3 |
Hasil Usaha Desa |
- |
|
|
4.4 |
Hasil BUMDes |
800.000 |
|
|
4.5 |
dst. |
|
|
|
4.6 |
Hasil Aset Desa |
|
|
|
4.7 |
Tambatan Perahu |
- |
|
|
4.8 |
Pasar Desa |
- |
|
|
4.9 |
dst. |
|
|
|
5 |
Hasil Swadaya dan Gotong royong masyarakat |
|
|
|
5.1 |
Hasil swadaya masyarakat |
30.000.000 |
|
|
5.2 |
dst.. |
|
|
|
6 |
Lain - lain Pendapatan Asli Desa yang sah |
|
|
|
6.1 |
Pungutan Desa |
|
|
|
6.2 |
dst.. |
|
|
|
7 |
Aset prasarana umum |
|
|
|
7.1 |
Jalan |
|
|
|
7.2 |
Jembatan |
4 |
unit |
|
7 |
Dst |
|
|
|
8 |
Aset Prasarana pendidikan |
|
|
|
8 |
Gedung Paud |
3 |
unit |
|
8 |
Gedung TK |
|
|
|
8 |
Gedung SD |
4 |
unit |
|
8 |
Taman Pendidikan Alqur'an |
2 |
|
|
9 |
Dst |
|
|
|
9 |
Aset prasarana kesehatan |
2 |
|
|
9 |
Posyandu |
4 |
|
|
9 |
Polindes |
2 |
unit |
|
9 |
MCK |
1 |
unit |
|
9 |
Sarana Air Bersih |
5 |
Unit/sumber |
|
10 |
Dst |
|
|
|
10 |
Aset prasarana ekonomi |
|
|
|
10 |
Pasar desa |
|
|
|
10 |
Tempat Pelelangan Ikan |
|
|
|
10 |
Dst |
|
|
|
11 |
Kelompok Usaha Ekonomi Produktif |
|
|
|
11 |
Jumlah kelompok usaha |
|
|
|
11 |
Jumlah kelompok usaha yang sehat |
|
|
|
12 |
Aset berupa modal |
|
|
|
12 |
Total aset produktif |
|
|
|
12 |
Total pinjaman di masyarakat |
|
|
|
Sumber Data: Profil Desa Tahun 2015
- Sumber Daya Sosial Budaya
Dengan adanya perubahan dinamika politik dan sistem politik di Indonesia yang lebih demokratis, memberikan pengaruh kepada masyarakat untuk menerapkan suatu mekanisme politik yang dipandang lebih demokratis. Dalam konteks politik lokal Desa Botoputih, hal ini tergambar dalam pemilihan kepala desa dan pemilihan-pemilihan lain (pilleg, pilpres, pemillukada, dan pimilugub) yang juga melibatkan warga masyarakat desa secara umum.
Khusus untuk pemilihan kepala Desa Botoputih., sebagaimana tradisi kepala desa di Jawa, biasanya para peserta (kandidat) nya adalah mereka yang secara trah memiliki hubungan dengan elit kepala desa yang lama. Hal ini tidak terlepas dari anggapan masyarakat banyak di desa-desa bahwa jabatan kepala desa adalah jabatan garis tangan keluarga-keluarga tersebut. Fenomena inilah yang biasa disebut pulung –dalam tradisi jawa- bagi keluarga-keluarga tersebut.
Jabatan kepala desa merupakan jabatan yang tidak serta merta dapat diwariskan kepada anak cucu. Mereka dipilh karena kecerdasan, etos kerja, kejujuran dan kedekatannya dengan warga desa. Kepala desa bisa diganti sebelum masa jabatannya habis, jika ia melanggar peraturan maupun norma-norma yang berlaku. Begitu pula ia bisa diganti jika ia berhalangan tetap.
Karena demikian, maka setiap orang yang memiliki dan memenuhi syarat-syarat yang sudah ditentukan dalam perundangan dan peraturan yang berlaku, bisa mengajukan diri untuk mendaftar menjadi kandidat kepala desa. Fenomena ini juga terjadi pada pemilihan Desa Botoputih pada tahun 2007. Pada pilihan kepala desa ini partisipasi masyarakat sangat tinggi, yakni hampir 95%. Tercatat ada dua kandidat kepala desa pada waktu itu yang mengikuti pemilihan kepala desa. Pilihan kepala Desa bagi warga masyarakat Desa .
Setelah proses-proses politik selesai, situasi desa kembali berjalan normal. Hiruk pikuk warga dalam pesta demokrasi desa berakhir dengan kembalinya kehidupan sebagaimana awal mulanya. Masyarakat tidak terus menerus terjebak dalam sekat-sekat kelompok pilihannya. Hal ini ditandai dengan kehidupan yang penuh tolong menolong maupun gotong royong.
Walaupun pola kepemimpinan ada di Kepala Desa namun mekanisme pengambilan keputusan selalu ada pelibatan masyarakat baik lewat lembaga resmi desa seperti Badan Perwakilan Desa maupun lewat masyarakat langsung. Dengan demikian terlihat bahwa pola kepemimpinan di Wilayah Desa Botoputih. mengedepankan pola kepemimpinan yang demokratis.
Berdasarkan deskripsi beberapa fakta di atas, dapat dipahami bahwa Desa Botoputih mempunyai dinamika politik lokal yang bagus. Hal ini terlihat baik dari segi pola kepemimpinan, mekanisme pemilihan kepemimpinan, sampai dengan partisipasi masyarakat dalam menerapkan sistem politik demokratis ke dalam kehidupan politik lokal. Tetapi terhadap minat politik daerah dan nasional terlihat masih kurang antusias. Hal ini dapat dimengerti dikarenakan dinamika politik nasional dalam kehidupan keseharian masyarakat Desa Botoputih kurang mempunyai greget, terutama yang berkaitan dengan permasalahan, kebutuhan dan kepentingan masyarakat secara langsung.
Berkaitan dengan letaknya yang berada di daerah mataraman suasana budaya masyarakat Jawa sangat terasa di Desa Botoputih. Dalam hal kegiatan agama Islam misalnya, suasananya sangat dipengaruhi oleh aspek budaya dan sosial Jawa. Hal ini tergambar dari dipakainya kalender Jawa/ Islam, masih adanya budaya nyadran, slametan, tahlilan, mithoni, dan lainnya, yang semuanya merefleksikan sisi-sisi akulturasi budaya Islam dan Jawa.
Dengan semakin terbukanya masyarakat terhadap arus informasi, hal-hal lama ini mulai mendapat respon dan tafsir balik dari masyarakat. Hal ini menandai babak baru dinamika sosial dan budaya, sekaligus tantangan baru bersama masyarakat Desa Botoputih Dalam rangka merespon tradisi lama ini telah mewabah dan menjamur kelembagaan sosial, politik, agama, dan budaya di Desa Botoputih Tentunya hal ini membutuhkan kearifan tersendiri, sebab walaupun secara budaya berlembaga dan berorganisasi adalah baik tetapi secara sosiologis ia akan beresiko menghadirkan kerawanan dan konflik sosial
Tabel: 4.7 Daftar Sumber Daya Sosial Budaya |
||||
NO |
URAIAN SUMBER DAYA SOSIAL BUDAYA |
VOLUME |
SATUAN |
KETERANGAN |
1 |
Festival Budaya Tari |
2 |
Tahun |
|
2 |
Sedekah Bumi |
1 |
Tahun |
|
3 |
Upacara adat |
- |
|
|
4 |
dst. |
|
|
|
Sumber Data: Profil Desa Tahun 2015
- Keadaan Ekonomi
Tingkat pendapatan rata-rata penduduk Desa Botoputih . Rp. 900.000,- Secara umum mata pencaharian warga masyarakat Desa Botoputih dapat teridentifikasi ke dalam beberapa sektor yaitu pertanian, jasa/perdagangan, peternakan dan lain-lain ( Lihar Tabel 4 tentang Sumberdaya manusia) . Berdasarkan data yang ada, masyarakat yang bekerja di sektor pertanian berjumlah 1.578 orang, yang bekerja disektor jasa berjumlah orang, yang bekerja di sektor industri 10 orang, dan bekerja di sektor lain-lain 1.100 orang. Dengan demikian jumlah penduduk yang mempunyai mata pencaharian berjumlah 1691 orang.
Layanan Mandiri
Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.
Masukkan NIK dan PIN!
Komentar Terkini
Statistik Kunjungan
Hari ini | |
Kemarin | |
Jumlah pengunjung |